Nama : Dewi Ayu Sakdiyyah
Nomor : 9
Kelas : XI APK-2
MANFAAT
PENANGANAN TAMU DALAM ORGANISASI
Manfaat penanganan tamu dalam organisasi
Pembukaan:
§ Tamu
dalam organisasi adalah seseorang atau kelompok orang yang ingin mengunjungi
perusahaan atau instansi tempat kita
bekerja dengan kepentingan dinas maupun pribadi.
§ Salah
satu pekerjaan rutin dalam kantor adalah menerima tamu yang ingin bertemu
dengan pejabat tertentu. Penanganan tamu merupakan tugas sekretaris,di samping
tugas yang berkaitan dengan surat-menyurat. Akan tetapi, kemampuan menangani
tamu yang baik tidak hanya dipahami oleh sekretaris dan atau resepsionis saja.
Tetapi semua pegawai di setiap organisasi perlu memiliki kemampuan itu karena
tidak tertutup kemungkinan semua pegawai suatu saat harus berkomunikasi dengan
tamu perkantoran. Para tamu akan mendapat kesan pertama tentang suatu kantor
pada saat ia bertemu. Oleh karena itu, petugas atau karyawan yang menerima tamu
harus bersikap sopan, ramah, bijaksana serta menunjukkan sikap bersedia membantu,
dan professional.
Isi:
Manfaat penanganan tamu yang baik dalam organisasi
v untuk
menciptakan image positive bagi perusahaan sehingga mudah dalam menjalankan
relasi bisnis dan pembangunan kepercayaan organisasi lain akan berjalan efektif.
v Dalam
kantor relasi bisnis sangatlah diutamakan, karena sebuah kantor tidak mungkin
bisa berdiri sendiri dan akan selalu membutuhkan organisasi lain. Sehingga
perlu sekali menciptakan image positive dalam sebuah organisasi salah satunya
dengan cara penanganan tamu yang baik supaya lebih mudah dalam menjalankan
relasi bisnis. Serta dalam organisasi harus ada sebuah kepercayaan yang
membangun sehingga akan saling memperkuat dan saling menguntungkan organisasi. Tamu
yang datang akan mempunyai perangai dan karakter yang berbeda-beda. Oleh karena
itu, pegawai akan bertemu dan berhadapan dengan bermacam-macam manusia yang
belum diketahui sama sekali, tetapi harus dilayani dengan baik dan tepat.
Karena kesan pertama yang positif penting dicapai untuk mempermudah kerja sama
yang saling menguntungkan dimasa-masa yang akan datang serta mendukung
tercapainya hubungan yang lebih kondusif diantara mitra bisnis perusahaan.
Penutup:
Ø Tamu
kantor adalah seseorang atau kelompok orang yang ingin mengunjungi perusahaan
atau instansi tempat kita bekerja dengan
kepentingan dinas maupun pribadi. Sehingga menerima tamu kantor dengan baik
merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan dari perusahaan/organisasi
tersebut, dimana seorang penerima tamu kantor harus bisa melayani tamu dengan
baik dan professional agar tercipta positive image instansi/perusahaan yang
kita pimpin menjadi lebih baik.
Ø Di
dalam menerima tamu kantor harus bersifat profesional, dalam arti kata
professional disini kita tidak boleh membeda-bedakan tamu kita , kita harus sama
dalam memberikan pelayanan terhadap tamu kita. Tamu banyak sekali macamnya dan
disitulah kita dituntut untuk bersikap professional dan melayani dengan sepenuh
hati agar tamu kita menjadi senang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar